Pulau Maratua

Jangan Lupakan Snorkeling Kalau Berkunjung ke Derawan

Posted on

Kamu penikmat laut, pantai dan berbagai keindahan didalamnya? Belum lengkap rasanya kalo belum mencicipi snorkeling dan diving di salah satu bongkahan surga yang ada di Kalimantan Timur, Derawan. Mengapa dibilang surga? Pasalnya, nuansa tropis yang disuguhkan Derawan memang mempesona; pantai pasir putih apik, laut biru kehijauan, sampai indahnya terumbu karang yang dapat dilihat jelas dari permukaan air. Sungguhan lho, selama tur menuju Derawan naik speedboat, kamu gak akan bosan sebab ada pemandangan terumbu-terumbu karang yang bisa dilihat dari speedboat. Keren ya!

Travelers, Derawan memiliki beberapa spot snorkeling dan diving yang sangat terkenal. Tentu disamping taman laut indah serta biota laut yang bermacam, titik-titik ini pun punya pemandangan alam luar biasa. Lalu dimana saja spot snorkeling dan diving terkeren di Derawan? Baca rekomendasi kami dibawah ini ya, guys!

Pulau Sangalaki

Pulau cantik ini di kenal karena punya penangkaran penyu, tidak cuma tentunya pantai pasir putih cantik dan bersih juga sejumlah spot selam (diving spots) yang ngetop sampai ke luar negeri. Di Sangalaki, kamu boleh berenang bersama dengan manta ray, pari manta besar di Manta Point, bahkan cuma dengan snorkeling saja. Terumbu-terumbu karang yang berada disini dihuni bermacam-macam ikan cantik, dengan berbagai warna. Bila langit lagi cerah, warna birunya bakal kontras pada pasir putih juga lautan yang kehijauan. Sempurna tuk hunting foto-foto ciamik!

Pulau Kakaban

Pulau ini mempunyai keistimewaan tersendiri, yakni suatu danau air asin purba yang di tempati jutaan, kemungkingan besar puluhan hingga ratusan juta ubur-ubur tanpa sengat. Umumnya, di dunia ini cuma ada dua danau yang semacam ini. Satu Derawan, satunya lagi di Palau. Kamu pun boleh berenang, menyelam ataupun snorkeling dan berfoto bareng jutaan ubur-ubur itu, dan bisa pegang mereka. Untuk mencapai danau itu, kamu harus melintasi rangkaian tangga kayu yang lumayan melelahkan sebab banyaknya dan tingginya anak tangga yang wajib dilewati, sampai akhirnya mencapai bordes kayu kecil yang ada di danau Kakaban tersebut. Tapi, seluruh kelelahan itu bakal terbayarkan guys!

Pulau Maratua

Lagi-lagi kamu akan mendapatkan pengalaman snorkeling yang mantap jasa di Maratua ini. Pantainya terlampau indah, pasir putih secara laut turquoise yang bening. Terumbu karang disini jadi rumah buat banyak biota laut. Penyu merupakan salah satunya yang bisa dilihat berseliweran tiap hari dari jendela cottage kamu, jika bermalam di resort diatas air. Disamping itu, ada juga lion fish, pari dan beraneka ikan lain. Koral-koral disini juga lumayan dekat dengan permukaan air, jadi jangan terinjak ataupun tersenggol sampai rusak ya. Jika capek snorkeling, kamu bisa masih melihat indahnya taman laut dari permukaan air. Mantap!

Cara ke Derawan

Pertama, naik pesawat menuju Balikpapan. Setelahnya, akses ke Derawan bisa ditempuh lewat Berau maupun Tarakan (naik pesawat dari Balikpapan). Namun jangan sesekali mencoba melalui Tarakan jika kamu cuma backpacking dengan kuantiti orang sedikit, sebab kamu harus sewa speedboat dengan harga yang lumayan mahal. Bila kamu pergi tanpa memanfaatkan jasa travel, pilih jalur Berau. Dari Bandara Kalimarau Berau, dapat naik taksi kendaraan pribadi (jalan cuma bila sudah penuh) ke Tanjung Batu. Dari Tanjung Batu disarankan untuk menumpang speedboat kecil dengan tarif Rp 50.000 dan waktu tempuh 45 menit, yang jalan cuma jika sudah penuh kuota saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *