e-ktp

Masasih Buat e-KTP Tidak Butuh Surat Pengantar Dari RT/RW?

Posted on

Sebenarnya ini merupakan pengalaman pribadi teman saya saat mengajukan permohonan pembuatan e-KTP baru, karena sewaktu tahun 2012 lalu ia sedang berlayar dan tak sempat mengunjungi Kelurahan tuk pembuatan KTP elekronik ini. Karena tak tahu cara membuat e-KTP yang terbaru, dia buat surat pengantar dari RT/RW. Lantaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) pada tertanggal 12 Mei 2106 sudah menegaskan “Cukup dengan memperlihatkan fotokopi Kartu Keluarga tanpa ada surat pengantar dari RT, RW serta Kelurahan/Kecamatan,” dikutip dari http://setkab.go.id/.

Begitu pun istri teman saya tersebut sewaktu tahun 2012 melaksanakan foto, scan mata serta syarat e-KTP lainnya. Namun sampai sekarang e-KTP tidak jadi hingga usai mencari di Kelurahan dan tak ada, akhirnya mengambil keputusan tuk membuat e-KTP baru yang berlaku seumur hidup. Cara pembuatan e-KTP sekarang tidak terlalu sulit lantaran tanpa surat pengantar RT/RW warga bisa langsung datang ke tempat pembuatan sebagaimana Kelurahan maupun kantor Kecamatan dengan bawa KTP lama serta Kartu Keluarga (KK).

Tetapi bila belum terdapat Nomor Induk KTP di Kartu Keluarga contoh warga pindahan diwajibkan bawa surat pengantar. Mengingat teman sudah terlanjur membikin surat pengantar dari RT/RW lalu pergi ke Kecamatan sebab di Kelurahan tak ada fasilitas pembuatan e-KTP. Tidak hanya cara membuat e-KTP yang dimudahkan, Menteri Dalam Negeri ini lewat Peraturan Menteri Dalam Negeri No 9 Tahun 2016 tak perlu lagi surat pengantar RT, RW dan Kelurahan/Desa tuk membuat Akta Kelahiran.

Pendapat saya kebijakan Menteri Dalam Negeri amat positif dan akan menolong masyarakat dalam rangka membuat e-KTP maupun Akta Kelahiran. Muncul masalah gimana di e-KTP tertera masa berlaku semacam 2016, dan 2017? Rupanya masa berlaku e-KTP yaitu seumur hidup sama seperti yang baru. Tapi jika e-KTP hilang maupun rusak saya sarankan membuat e-KTP baru, yang harus diperhatikan saat membuat e-KTP harap membawa ijazah dan Akta Kelahiran. Tujuanya saat pendataan tak ada kesalahan terhadap nama serta tanggal lahir yang pada umumnya terjadi.

One thought on “Masasih Buat e-KTP Tidak Butuh Surat Pengantar Dari RT/RW?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *